info tentang jepang dari hal yang menarik, unik, dan horor.

Di Balik Lensa

Kamis, 01 Agustus 2013

"K E N D A M A"

gambar kendama

Kendama (けん玉 atau 剣玉) adalah nama mainan asal Jepang berupa sebuah bola berlubang (tama) yang diikat seutas tali ke sebuah palang (ken) yang bentuknya mirip sebuah palu. Kendama diciptakan pada tahun 1918 oleh Hamaji Egusa asal kota Kure, Prefektur Hiroshima. Pada awalnya, permainan ini diberi nama "Nichi Getsu Ball".[1] Sejak abad ke-16, orang Perancis juga sudah memiliki permainan ketangkasan serupa yang disebut bilboquet (bil berarti "bola" dan boquetberarti "pohon kecil"). Berlainan dengan kendama, bilboquet hanya memiliki cekungan di kedua ujung tongkat. Jika anda pikir kendama adalah permainan untuk anak kecil, saya sarankan anda untuk memikirkannya sekali lagi. Mengapa? karena memainkan kendama tidak segampang yang terlihat, dan untuk menguasai teknik bermainnya membutuhkan waktu yang cukup lama dan untuk memainkannya sangat sulit, bahkan lebih sulit dari yang anda bayangkan. Bahkan sampai ada asosiasi yang didirikan untuk melestarikan permainan ini. Asosiasi tersebut bernama Japanese Kendama Association (JKA). JKA didirikan di Jepang pada tahun 1975. Selain untuk melestarikan, organisani ini juga berfungsi sebagai indikator untuk spesifikasi Kendama supaya dapat berpartisipasi dalam berbagai kejuaraan dan mengerti peraturan-peraturannya.
Peringkat dalam kendama sama dengan peringkat yang digunakan dalam seni bela diri, pada kejuaraan kendama peringkat ini disebut dengan Kyu dan dimulai dari peringkat paling bawah; peringkat 10, dan terus naik hingga peringkat 1, yaitu peringkat tertinggi yang dapat diraih oleh seorang peserta.

berikut nama bagian-bagian kendama :
gambar anatomy kendama


Cara Naik Tingkat pada Permainan Kendama
 
gambar jenis-jenis kendama
Untuk naik satu peringkat lebih tinggi, anda harus malakukan gerakan yang dikhususkan untuk level tersebut dengan tingat kesuksesan paling tidak sekali dalam sepuluh ka;i percobaan yang diberikan. 
Sebagai tambahan, jika peringkat yang ingin anda capai bukanlah peringkat pertama, anda harus melakukan gerakan yang dikhususkan untuk peringkat sebelumnya juga, tapi disini tingkat kesuksesannya harus melebihi tingkat kesuksesan sebelumnya juga dalam sepuluh kali percobaan. Jika peringkatnya lebih tinggi dari peringkat kedua, maka anda harus melakukan gerakan yang dikhususkan untuk peringkat sebelumnya sebanyak tiga kali kesuksesan dalam sepuluh kali percobaan.
Untuk peringkat 6 hingga 1, anda diharuskan melakukan gerakan tambahan pada setiap peringkatnya, yang disebut dengan moshikame. Nah yang paling menarik adalah untuk mendapatkan peringkat Kyu pertama (rangking 10), anda harus menggantung bola hingga benar-benar tidak bergerak pada talinya. kemudian bola tersebut harus ditangkap dalam sekali ayunan sehingga bola itu akan jatuh pada salah satu lubang yang ada di kedua sisipegannya.

Ada juga manfaat dari memainkan Kendama 
  1. Dapat melatih konsentrasi,
  2. Dapat melatih kekuatan dan,
  3. Dapat memelihara kesehatan dengan olahraga ringan (maksudnya adalah, karena Jepang memilikai musim yang berbeda, oleh sebab itu masyarakat jepang menggunakan kendama untuk olahraga karena kendama bisa digunakan dan dibawa kemana saja)

Tidak ada komentar: