info tentang jepang dari hal yang menarik, unik, dan horor.

Di Balik Lensa

Senin, 10 Juni 2013

Bunga - Bunga Indah yang ada di Jepang

·        Jenis-jenis Bunga Sakura

Bunga Sakura adalah bunga yang paling banyak di jumpai di Jepang sekaligus menjadi bunga nasionalnya. Asal-usul kata “sakura” adalah kata “saku” (bahasa Jepang untuk “mekar”) ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak “ra”. Dalam bahasa Inggris, bunga sakura disebut cherry blossoms. Warna bunga tergantung pada spesiesnya, ada yang berwarna putih dengan sedikit warna merah jambu, kuning muda, merah jambu, hijau muda atau merah menyala.

Bunga digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan susunan daun mahkota:
1.          bunga tunggal dengan daun mahkota selapis
2.          bunga ganda dengan daun mahkota berlapis
3.          bunga semi ganda

Pohon sakura berbunga setahun sekali. Jenis bunganya beragam hingga 300 macam,beberapa misalnya:
1.          YAMA ZAKURA
Bunga Yama Zakura
Ini adalah bunga sakura original (asli), sebelum dilakukan berbagai hasil persilangan yang jenisnya sekarang mencapai 300 varities.
2.          OSHIMA SAKURA
Bunga Oshima Sakura
3.          SURUGA DAI NIOI ZAKURA
Bunga Suruga Dai Nioi Zakura
4.          SOMEI YOSHINO
Bunga Somei Yoshino
5.          KOTO HIRA ZAKURA
Bunga Koto Hira Zakura
6.          ICHI HARA TORA NO'O
Bunga Ichi Hara Tora No'o
7.          AMERIKA SAKURA
Bunga Amerika Sakura
8.          MIKURUMA GAISHI
Bunga Mikuruma Gaishi
9.          EDO SAKURA
Bunga Edo Sakura
10.      ICHIO SAKURA
Bunga Ichio Sakura
11.      CHOSYU HIZAKURA
Bunga Chosyu Hizakura
12.      MATSUMAE HAYAZAKI SAKURA
Bunga Matsumae Hayazaki Sakura
13.      BAIGOZI JUZU KAKE SAKURA
Bunga Baigozi Juzu Kake Sakura
14.      KANZAN ZAKURA 
Bunga Kanzan Zakura
15.      FUGENZO SAKURA
Bunga Fugenzo Sakura
16.      KENROKUEN KIKU ZAKURA
Bunga Kenrokuen Kiku Zakura
17.      SHOGETSU SAKURA
Bunga Shogetsu Sakura
18.      GYOIKO
Bunga Gyoiko
19.      KANHI ZAKURA 
Bunga Kanhi Zakura


Pohon-pohon Sakura waktu mekarnya berbeda-beda di tiap wilayah. Di pulau Honshu, kuncup bunga sakura jenis someiyoshino mulai terlihat di akhir musim dingin dan bunganya mekar di akhir bulan Maret sampai awal bulan April di saat cuaca mulai hangat.

Sakura jenis someiyoshino mekar mulai dari Okinawa di bulan Februari, dilanjutkan di pulau Honshu bagian sebelah barat, sampai di Tokyo, Osaka, Kyoto pada sekitar akhir Maret sampai awal April, lalu bergerak sedikit demi sedikit ke utara, dan berakhir di Hokkaido di saat liburan Golden Week. Setiap tahunnya pengamat sakura mengeluarkan peta pergerakan mekarnya bunga sakura someiyoshino dari barat ke timur lalu utara yang disebut sakurazensen. Dengan menggunakan peta sakurazensen dapat diketahui lokasi bunga sakura yang sedang mekar pada saat tertentu.

Nah tadi kita sudah menbahas beberapa macam jenis dari bunga sakura, gimana pasti anda kaget bukan?

Pasti anda mengira bunga sakura hanya ada satu jenis saja. Ternyata banyak jenis dari bunga saakura, nah sekarang kita beralih topik, masih tentang bunga yang ada di negeri sakura. Selain bunga sakura, ternyata ada bunga lain yang ada di jepang dan tidak kalah indahnya dengan bunga sakura. berikut adalah bunga yang saya maksud :

  • Bunga Tsutsuji

    Bunga Tsutsuji
Dari namanya, Tsutsuji sendiri diambil dari nama bunga yang berasal dari Jepang. Bunga ini umum dijumpai di Jepang, khususnya di Toyohashi. Bebeda dangan bunga sakura, kalau bunga sakura bermekaran di musim semi, lain halnya denga bunga tsutsuji. Bunga tsutsuji bermekaran setelah bunga sakura mulai berguguran, bunga tsutsuji isa kita lihat di pinggir jalan. Bentuknya pun ada yang berukuran kecil dan ada pula yang beukuran besar, seali itu warnanya pn beraneka ragam ada yang berwarna putih, pink, pink tua, dan ungu. Bunga ini akan terlihat cantik bila semua kuncupnya telah bermekaran. Tapi sayangnya bunga ini hanya bisa kita jumpai di jepang atau yang biasa diken al denga negeri sakura. 

  • Bunga Murasaki Hanana
     Bunga Murasaki Hanana
Bunga murasaki hanana dengan bentuk bunganya kecil-kecil dengan warna ungu. Biasanya bunga ini di tanam di antara pepohonan. Jika baru hanya satu atau dua bunga saja yang mekar pastinya keindahannya tidak akan nampak melainkan akan telihat separti semak. Tapi lain halnya jika semua kuncup bunganya sudah bermekaran, pastinya akan nampak indah dan enak dipandang mata. Dan bila kita lihat disekeliling, kita seperti dikelilingi oleh selimut hidup dan wangi dengan warna khasnya yait warna ungu.

  • Bunga Shibazakura

    Bunga Shibazakura
            Bunga shibazakura merupakan jenis bunga yang mekarnya berdekatan dengan tanah. Warnanya yang cerah dapat memanjakan mata yang melihatnya. Bunga ini mempunyai beberapa jenis warna yang indah seperti : magenta, merahmuda, dan putih. Bunga shibazakura biasanya mekar setelah musim semi dimana setelah bunga sakura telah berguguran. Untuk menikmati keindahan dari bunga ini adalah kita harus mengunjungi festifal bunga shibazakura yang diadakan di Hitsujiyama Park yang berada dekat dengan kota Chichibu, di Saitama Prefecture.

Nah cukup itu saja dulu informasi tentang ragam bunga  yang ada di negeri sakura, nanti jika sobat pengen informasi lebih banyak lagi tentang bunga yang  terdapat di Jepang, sobat bisa request  di kolom komentar.
Ok,,, terimakasih sudah  meluangkan waktunya untuk membaca di blog  ini.

Sampai jumpa di postingan berikutnya,,,,,


S E L A M A T     M E M B A C A ! ! !

Tidak ada komentar: